26.7 C
Jakarta
Saturday, September 23, 2023
- Advertisement -

Inilah 5 Makanan yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Milan, Italia

Milan masuk kedalam daftar kota terindah yang berada di Italia. Tak hanya terkenal dengan sepak bolanya, Milan juga kaya akan budaya, sejarah, dan kulinernya yang lezat. Jika kamu berencana ingin berkunjung ke Milan, maka kamu beruntung.

Sebab, kota satu ini menawarkan berbagai hidangan makanan yang menggugah selera dan pastinya unik. Kamu juga wajib untuk mencoba 5 hidangan makanan berikut dibawah ini ketika berkunjung ke Milan, Italia.

Risotto alla Milanese

Ilustrasi Risotto alla Milanese

Risotto alla milanese ini terbuat dari varietas nasi khusus yang disebut arborio atau carnaroli. Salah satu bahan utama yang membuat risotto ini unik adalah saffron. Saffro  akan memberikan warna kuning cerah dan aroma yang khas pada hidangan ini.

Risotto khas Milan biasanya disajikan dengan potongan daging sapi panggang atau ossobuco yaitu potongan daging sapi yang dilapisi tepung lalu digoreng hingga empuk. Gabungan antara risotto creamy dengan daging sapi yang lezat menciptakan kombinasi rasa yang sempurna.

Ossobuco

Ilustrasi Ossobuco

Hidangan ini terbuat dari potongan daging sapi yang berasal dari bagian shank atau tulang betis yang memiliki sumsum tulang di dalamnya. Potongan dagingnya biasanya cukup besar dengan sumsum tulang yang memberikan cita rasa yang khas pada hidangan.

Dalam penyajiannya ossobuco disajikan dengan saus yang terbuat dari bawang, tomat, dan kaldu yang dihasilkan selama proses memasak. Hidangan ini sering disajikan dengan risotto alla Milanese yang menciptakan kombinasi yang sempurna antara daging yang lezat, saus gurih, serta creamy risotto.

Panettone

Ilustrasi Panettone

Pannetone adalah roti manis khas Milan. Roti ini memiliki bentuk bundar dengan tekstur yang lembut dan flavorfulPannetone dahulunya digunakan sebagai hidangan khas Natal di Italia, namun sekarang mudah dijumpai kapan pun.

Baca Juga :  Resep Kreasi Telur Dadar, Bikin Santap Nasi Makin Lahap

Pada masa Natal, pannetone sering kali dihiasi dengan gula butiran di atasnya atau dilapisi dengan lapisan karamel. Roti ini biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan disajikan dengan teh, kopi, atau spumante.

Pannetone kini memiliki varian rasa dan bentuk yang beragam seperti pannetone dengan cokelat, kacang, atau krim. Selain itu, ada juga versi mini yang dikenal sebagai pannetone mignon.

Roti pannetone menjadi simbol Natal di Italia dan sering kali dianggap sebagai hadiah yang populer selama musim liburan. Di Milan, kamu juga dapat menemukan berbagai toko roti atau penjual khusus yang menawarkan pannetone dalam berbagai varian serta merek.

Cotoletta

Ilustrasi Cotoletta

Cotoletta merupakan hidangan yang terkenal di Italia terutama di wilayah Lombardia, termasuk Milan. Hidangan ini terbuat dari potongan daging yang dilapisi tepung roti dan digoreng hingga renyah. Cotoletta tradisional menggunakan daging sapi, tapi kini umum ditemui dengan menggunakan daging ayam atau domba.

Cotoletta disajikan dengan irisan lemon di atasnya yang memberikan sentuhan asam segar pada hidangan ini. Hidangan ini juga sering disajikan dengan saus tartar, tomat, atau rempah-rempah lainnya sebagai pelengkapnya.

Makanan ini sering dianggap sebagai hidangan comfort food di Italia. Rasanya yang renyah di luar dan lembut di dalam membuatnya menjadi menu favorit di meja makan. Kamu bisa dengan mudah menemukan cotoletta di berbagai restoran di Milan dan sekitarnya, serta di daerah lain di Italia.

Gelato

Ilustrasi Gelato

Gelato memiliki tekstur yang lebih lembut, padat, dan rasa yang lebih intens dibandingkan dengan es krim konvensional. Hal itulah yang membuat gelato kini banyak digemari dan populer.

Gelato memiliki berbagai macam rasa yang menggoda. Mulai dari rasa klasik seperti vanila, cokelat dan stroberi, hingga rasa-rasa inovatif yakni pistachio, tiramisu, cappuccino, hingga lemon. Selain itu, es krim ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan cokelat premium.

Baca Juga :  Resep Olahan Biji Nangka, Dijamin Enaaakk!

Saat berada di Italia, terutama di kota-kota seperti Milan, kamu bisa mencoba gelato yang autentik. Banyak toko gelato di sepanjang jalan menawarkan berbagai macam pilihan rasa yang lezat. Nikmatilah gelato dengan cara yang tradisional yakni dengan menyantapnya dalam sebuah cone atau mangkuk.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 makanan yang untuk dicoba ketika berkunjung ke Milan, Italia. Dengan mencoba berbagai makanan yang lezat akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X