30.1 C
Jakarta
Tuesday, July 9, 2024

KPK Mengusut Dugaan Kasus Korupsi Menteri Pertanian

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki kasus korupsi yang diduga menyeret Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Presiden Joko Widodo enggan berkomentar banyak terkait dugaan kasus tersebut.

“Tanyakan saja ke sana (KPK),” kata Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta, pada Kamis (15/6/2023).

Jokowi Mengingatkan untuk Berhati-hati dalam Mengelola Keuangan

Ilustrasi Presiden Joko Widodo

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan kepada semua menterinya di Kabinet Indonesia Maju untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan. Jokowi mengimbau agar sering mengecek aliran dana sekecil apapun yang keluar.

“Kan bolak-balik sudah saya sampaikan, hati-hati saat mengelola keuangan negara. Karena kita mengelola anggaran kementrian ini gede banget. Harus diawasi, harus dikontrol, dan harus dicek, bolak-balik saya sudah sampaikan, sekecil apapun uang itu,” kata Jokowi.

Tak Ada Politisasi Soal NasDem

Ilustrasi Presiden Joko Widodo

Jokowi juga menegaskan jika tidak ada unsur politik dalam kasus yang sedang diselidiki oleh pihak KPK. Diketahui, Syahrul merupakan politikus Partai NasDem yang kini mendukung capres Anies Baswedan.

“Ya itu urusannya siapa? hehe. Jika urusannya dengan penegak hukum, ya tanya saja ke penegak hukumnya jangan ditanyakan ke saya,” ujar Jokowi.

KPK Menyelidiki Dugaan Kasus Korupsi yang Menyeret Menteri Pertanian

Ilustrasi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Sebelumnya, KPK juga membenarkan soal penyelidikan kasus yang diduga menyeret Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak juga sudah dimintai keterangan oleh pihak KPK.

“Sejauh ini yang kami ketahui memang benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan kasus korupsi di Kementrian Pertanian RI,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri, pada Rabu (14/6/2023).

Ali juga mengatakan bahwa penyelidikan kasus ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat. Karena masih dalam penyelidikan, KPK enggan memberikan informasi yang lebih rinci mengenai kasus korupsi itu kepada publik.

“Segera akan kami sampaikan perkembangannya,” tambah Ali Fikri.

Nah, itulah penjelasan mengenai KPK yang mengusut dugaan kasus korupsi Menteri Pertanian. Pihak KPK juga telah membenarkan soal penyelidikan kasus yang diduga menyeret Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak juga sudah dimintai keterangan oleh pihak KPK.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles