31.7 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Inilah 5 Tips Untuk Mencegah Iritasi Kulit pada Lipatan Tubuh

Iritasi kulit jika dibiarkan tentu akan sangat mengganggu, terlebih jika ini muncul di bagian tubuh yang rentan iritasi seperti pada lipatan-lipatan tubuh. Apabila terjadi iritasi hal pertama yang perlu untuk kamu lakukan adalah merawatnya dengan benar.

Setelah kamu merawatnya dengan benar, kamu juga perlu untuk melakukan tindakan pencegahan agar masalah tersebut tidak terjadi secara berulang. Berikut dibawah ini merupakan 5 tips untuk mencegah iritasi kulit pada lipatan tubuh.

Jagalah Kebersihan Kulit Secara Teratur

Ilustrasi Mandi

Menjaga kebersihan kulit adalah cara yang paling mudah untuk mencegah iritasi. Hal ini dapat kamu lakukan setiap hari dan tidak perlu waktu yang lama. Dilansir dari Healthline, salah satu tindakan untuk menjaga kebersihan kulit adalah dengan mandi dan rutin membersihkan diri.

Setelah beraktivitas di luar ataupun di dalam rumah, usahakan untuk mandi dengan sabun dan air yang mengalir. Hal ini dapat membantu untuk mencegah kuman penyakit atau kotoran yang menempel pada pakaian masuk ke dalam tubuh. Tak lupa, ketika mandi untuk membersihkan area-area lipatan tubuh secara lembut dan pastikan setelahnya area tersebut dikeringkan sepenuhnya.

Hindari Kelembapan Kulit yang Berlebihan

Ilustrasi Bercermin

Diterangkan dalam laman Medical News Today, kondisi kulit yang lembap terutama di bagian lipatan tubuh dapat menyebabkan munculnya intertrigo. Intertrigo adalah ruam yang biasanya menyerang lipatan kulit, tempat kulit saling bergesekan atau sering dalam kondisi yang lembap.

Untuk itu, sebelum berpakaian, pastikan bagian lipatan kulit kering. Kamu juga bisa menggunakan bedak khusus untuk mencegah lipatan kulit dalam kondisi yang terlalu lembap.

Kondisi lembap yang berlebihan ini juga dapat diatasi dengan rajin mengganti pakaian dalam ataupun luar. Jangan sampai saat berpakaian kamu menggunakan baju yang sudah dikenakan dalam waktu yang cukup lama. Apabila kamu merasa lembap dan tidak nyaman, segeralah ganti pakaian.

Memakai Pakaian yang Longgar

Ilustrasi Memakai Pakaian yang Longgar

Salah satu penyebab iritasi pada lipatan tubuh yaitu penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Dilansir dari Verywell Health, iritasi dapat dicegah dan diatasi dengan mengenakan pakaian yang longgar dan menggunakan produk pendingin bebas minyak dan pewangi. Selain itu, pilihlah pakaian yang berbahan lembut seperti katun agar dapat menyerap keringat dengan baik.

Tidak hanya memberikan kenyaman, memakai pakaian yang longgar juga akan mencegah terjadinya gesekan berlebihan antara tubuh dan pakaian. Apabila terpaksa memakai pakaian yang cukup ketat, sebaiknya gunakan obat khusus untuk mencegah iritasi di bagian-bagian tertentu. Dengan begitu, iritasi kulit dapat dicegah dan kamu juga bisa lebih leluasa dalam beraktivitas.

Oleskan Krim atau Salep Pelindung

Ilustrasi Memakai Salep Kulit atau Krim Kulit

Krim atau salep tidak hanya digunakan ketika mengobati kulit iritasi saja. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mencegah iritasi muncul kembali pada kulit. Namun, akan lebih baik jika sebelum menggunakannya kamu berkonsultasi terlenih dahulu dengan dokter kulit.

Dilansir dari Journal of the Dermatology Nurses’ Association, untuk mencegah dan mengatasi kulit iritasi kamu dapat menggunakan krim yang mengandung clotrimazole 1%, miconazole 1%, atau hydrocortisone 1%. Selain bisa membantu mengurangi iritasi kandungan-kandungan tersebut juga dapat menjaga kelembapan kulit di area lipatan tubuh.

Menjaga Berat Badan

Ilustrasi Berolahraga

Jika kamu kelebihan berat badan cobalah untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Karena kelebihan berat badan dapat membuat bagian-bagian tertentu khususnya lipatan tubuh, tertutup oleh lemak. Akibatnya, kondisi di area tersebut akan makin lembap serta risiko terjadinya gesekan antar bagian tubuh semakin meningkat.

Cobalah lakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebagai contoh mulailah mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah gula. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga. Apabila kesulitan dalam mengurangi berat badan jangan ragu untuk menemui ahli gizi.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 tips untuk mencegah iritasi kulit pada lipatan tubuh. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan tubuh agar kamu terbebas dari masalah kulit dan kondisi kesehatan yang lainnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles