32 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Inilah Penyebab Hilangnya Kapal Selam OceanGate

Baru-baru ini kapal selam milik OceanGate diketahui hilang dan hancur dekat reruntuhan bangkai kapal Titanic, menewaskan kelima penumpang di dalam nya. Penjaga Pantai Amerika Serikat telah mengonfirmasi kabar tersebut setelah menemukan puing – puing yang ditemukan selama pencarian kapal.

Kapal selam Titan dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, OceanGate. Yang berfokus pada pembuatan Kapal Selam Submersible, untuk keperluan eksplorasi, riset sain, dan wisata.

Tekanan Air

Ilustrasi Kapal Selam Titan Implosi

Penyebab utama dari hilangnya kapal selam Titan adalah karena tekanan air.

Situs web OceanGate mencantumkan bahwa mereka memiliki tiga kapal selam. Namun, hanya Titan yang mampu menyelam untuk mencapai bangkai kapal Titanic. Titan berbobot 10.432 kilogram dan diklaim dapat mencapai kedalaman hingga 3.962 meter.

Adapun Titanic, yang merupakan kapal terbesar pada masanya, menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada 1912. Dari 2.200 penumpang dan awak kapal, lebih dari 1.500 meninggal. Puing-puing kapal Titanic telah dieksplorasi secara ekstensif sejak ditemukan pada 1985.

Semakin dalam suatu benda bergerak di lautan, semakin besar tekanan air di sekitarnya. Di dasar laut 3.800 m di bawah air, Titanic dan segala sesuatu di sekitarnya menahan tekanan sekitar 40MPa, yang 390 kali lebih besar daripada tekanan di permukaan.

“Sebagai gambaran, itu adalah sekitar 200 kali tekanan ban mobil. Itulah mengapa Anda membutuhkan kapal selam yang memiliki dinding yang sangat tebal,” kata Robert Blasiak, seorang peneliti laut di Pusat Ketahanan Stockholm di Universitas Stockholm kepada BBC.

Suhu air

Tabel Suhu di Bawah Permukaan Air

Karena tidak ada cahaya matahari yang masuk, suhu di dalam permukaan air juga akan menurun, dibandingkan dengan suhu yang berada di permukaan air.

Suhu yang ada di kedalaman kurang lebih 3.962 meter ini, bisa mencapai kurang dari 4 derajat celcius, karena suhu yang sangat dingin ini, bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Material Kapal Selam

Material Kapal Selam Titan

Titan adalah kapal yang dibuat khusus yang desainnya tidak diklasifikasikan. Terbuat dari titanium dan serat karbon filamen, kapal selam juga dibaut dari luar.

Ini berarti kru di dalam tidak dapat membukanya untuk dikeluarkan, tim di permukaan harus membuka segel palka.

Selain itu, kapal selam Titan tersebut dilengkapi dengan empat pendorong listrik yang dikemudikan dengan pengontrol permainan Logitech.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles