25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Inilah Kronologi Penyebab Kerusuhan di Prancis

Kerusuhan di Prancis terjadi karena tewasnya seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun ditembak polisi. Ricuh yang membara semakin meluas hingga Otoritas Prancis kerahkan puluhan ribu pasukan keamanan untuk mengatasi aksi-aksi protes yang terjadi selama empat hari berturut-turut itu.

Penyebab kerusuhan di Prancis

Kerusuhan di Kota Prancis

Penyebab kerusuhan di Prancis dipicu oleh aksi penembakan terhadap seseorang remaja bernama Nahel Merzouk, yang berusia 17 tahun oleh polisi hingga tewas. Dilansir AFP, peristiwa penembakan terjadi di pinggiran Kota Paris, Nanterre.

Mulanya sebelum penembakan ini terjadi mobil Nahel Merzouk sempat dihentikan oleh polisi sebab telah melanggar ketertiban lalu lintas, tidak lama kemudian salah satu polisi tampak menodongkan senjatanya ke pengemudi melalui jendela dan menembak dari jarak dekat. Lalu, mobil korban terlihat bergerak beberapa puluh meter sebelum menabrak.

Petugas layanan darurat mencoba menyadarkan remaja berusia 17 tahun tersebut di tempat kejadian. Namun, remaja tersebut meninggal dunia tidak lama kemudian.

Kronologi Kerusuhan  di Prancis

Kerusuhan di Jalanan Prancis

Usai insiden penembakan remaja oleh polisi di Prancis itu, terjadilah kerusuhan. Aksi unjuk rasa di Nanterre diwarnai menyalakan api, membakar mobil, dan menghancurkan halte bus saat ketegangan meningkat antara polisi dan penduduk setempat.

Pada malam kedua kerusuhan usai remaja ditembak mati dari jarak dekat oleh polisi di Prancis, Pasukan Keamanan Prancis menangkap ratusan orang massa. Menteri dalam negeri Prancis menyebut kerusuhan itu tidak dapat ditoleransi.

45 Ribu Polisi Dikerahkan

Ilustrasi Polisi Prancis

Prancis mengerahkan 45.000 petugas polisi dan sejumlah kendaraan lapis baja di jalan-jalan pada hari Sabtu dini hari ketika kerusuhan mengguncang kota-kota Prancis untuk malam keempat atas penembakan fatal seorang remaja oleh seorang petugas karena pelanggaran lalu lintas.

Bentrokan berlanjut pada Rabu (28/6/2023) malam yang menyebar dari lingkungan di sekitar ibu kota ke kota-kota Prancis lainnya, termasuk Toulouse, Dijon dan Lyon. Ribuan pasukan polisi diturunkan ke Paris dan pinggiran sekitarnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles