33.2 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Kereta Api di Semarang Bertabrakan dengan Truk, Satu Penumpang Mengalami Luka

Insiden Tabrakan Kereta Api dan Truk di Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Hari Selasa (18/7/2023). Pihak Kepolisian Sedang Menyelidiki Penyebab Cedera Satu Penumpang.

Kecelakaan antara Kereta Api Brantas dan Truk Terjadi di Pelintasan Sebidang di Jalan Madukoro Raya, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Malam Hari Selasa (18/7/2023). Tidak Ada Korban Jiwa dalam Peristiwa Tersebut, Namun Satu Penumpang Dilaporkan Mengalami Luka.

Insiden Terjadi Ketika Kereta Api Brantas dengan Rute Blitar, Jawa Timur-Pasar Senen, DKI Jakarta Sedang Beroperasi. Menurut Suharyono (35), Salah Satu Penumpang Kereta Api, Kecelakaan Tersebut Terjadi Sekitar Pukul 19.20 pada Hari Selasa.

”Kami para penumpang kaget karena kereta itu mengerem mendadak, ternyata di (bagian) depan menabrak truk. Karena ada percikan api, kami langsung disuruh keluar dari gerbong kereta,” ujar Suharyono, yang merupakan warga Kediri, Jatim, kepada wartawan, Selasa malam.

Suharyono mengaku bersyukur bisa selamat. Saat kejadian, Suharyono yang duduk di gerbong Ekonomi 1 merasakan getaran yang kuat. Menurut dia, beberapa penumpang di sekitarnya sempat terpental ke kursi yang ada di depan mereka. ”Yang di gerbong pertama, kedua, dan ketiga dari depan saya dengar ada yang kejeduk kepalanya,” kata Suharyono.

Hingga Selasa malam, Suharyono dan para penumpang lain masih menunggu informasi lebih lanjut dari PT Kereta Api Indonesia. ”Apakah nanti bisa melanjutkan perjalanan pakai kereta lain, atau dioper ke bus, kami masih belum tahu,” imbuhnya.

Dampak dari Insiden Tersebut, Kepala Truk Terguling ke Banjir Kanal Barat yang Berlokasi Dekat Rel Kereta. Bagian Belakang Truk Masih Terjepit di Atas Rel, Berdekatan dengan Badan Kereta. Kondisi Ini Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Sekitar Lokasi Kejadian.

Terbakar

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Irwan Anwar, mengungkapkan bahwa situasi semakin rumit karena truk yang melintang di atas rel telah terbakar.

Tim evakuasi sedang berusaha keras untuk menggeser badan truk agar jalur kereta bisa dibersihkan. Selain itu, upaya evakuasi juga akan dilakukan pada lokomotif kereta yang masih menggantung di banjir kanal barat.

Kondisi kebakaran ini membuat penanganan kejadian menjadi lebih kompleks dan mendesak

”Berdasarkan informasi awal, truk ini mogok waktu melintas di rel. Jadi, tidak menerobos. Sopir dan kenek truk itu sudah turun, meminta bantuan petugas jaga di palang pintu, tetapi tidak bisa menghindari kecelakaan karena kereta sudah telanjur dekat,” ucap Irwan.

Irwan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kendati demikian, ada satu penumpang yang terluka lantaran melompat dari gerbong saat kejadian.

Irwan menambahkan, pihaknya masih mendalami penyebab munculnya kobaran api dalam kecelakaan tersebut. ”Apakah dari kepala tronton yang belakangnya berisi bahan bakar atau bukan, (tapi) kemungkinan dari situ, tapi akan kita dalami,” ujarnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles