25.4 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Tragedi Kebakaran Merenggut Nyawa Lansia di Cipinang Muara Jaktim

Pria lanjut usia (lansia) bernama Deliana (70) meninggal dunia karena terbakar di dalam rumahnya, Jumat (28/7/2023) dini hari. Kebakaran melanda rumah tinggalnya di Jalan Cipinang Muara 1, RT 008/RW 03, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sahtia (46), tetangga korban, mengatakan, insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Ia menduga, kejadian tersebut terjadi akibat kebocoran gas.

“Pas kami keluar, apinya sudah agak besar,” ungkap Sahtia. “Suami saya berusaha untuk membantu masuk ke dalam karena melihat selang dan tabung gasnya sudah berapi,” ujar dia di lokasi, Jumat.

Rumahnya berada di seberang dapur dan kamar mandi rumah Deliana. Kedua ruangan tersebut merupakan area yang terbakar lebih dulu. Di dapur, ada sebuah jendela yang menghadap langsung ke depan rumah Sahtia.

Ia sering mengobrol dengan Deliana melalui jendela itu. Pada saat kejadian, Sahtia dan suaminya terbangun karena merasa kepanasan dan mendengar teriakan Deliana. “Lagi pada tidur pulas, tahu-tahu ada kebakaran.

Tahunya karena penghuni (Deliana) teriak-teriak minta tolong, ‘Tolong! Tolong! Kebakaran!'” jelas Sahtia.

Sementara suami Sahtia berupaya memadamkan api dengan membawa lap basah. Ia berlarian dan berteriak ada kebakaran untuk membangunkan para tetangga. Namun, suami Sahtia dan beberapa warga yang berusaha memadamkan api di dapur Deliana tertahan di ruang tamu.

“Sempat masuk, tapi cuma dua langkah saja ke dalam ruang tamu. Sudah pada enggak kuat, seperti apinya mendorong mereka ke depan,” jelas Sahtia. Pada saat yang sama, teriakan minta tolong dari Deliana sudah tidak terdengar dari area dapur dan kamar mandi.

Karena api sudah membesar dan melahap lantai dua rumah Deliana, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dipanggil pukul 02.48 WIB.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan bahwa pihaknya langsung menurunkan 10 mobil pemadam kebakaran dan 50 anggota.

Pemadaman dimulai pukul 02.59 WIB dan berhasil selesai pukul 04.00 WIB. “Luasan area yang terbakar sekitar 60 meter persegi.

Kerugian materi sekitar Rp 450 juta. Untuk korban jiwa atas nama Ibu Deliana, beliau ditemukan di kamar mandi lantai satu,” ungkap Gatot melalui pernyataan tertulis pada hari Jumat.

Sahtia menambahkan bahwa pihak keluarga sudah langsung dihubungi saat kebakaran terjadi.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 14.00 WIB, Deliana dimakamkan. “Sudah langsung dimakamkan oleh keluarganya. Di Jakarta Timur juga, di Kebon Nanas. (Makamnya) disatukan dengan suaminya,” pungkas Sahtia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles