28 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Tomat: Tinggi Nutrisi dan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa tomat merupakan bahan makanan yang ekonomis dan memiliki beragam manfaat kesehatan?

Selain diolah menjadi jus yang menyegarkan, tomat juga sering digunakan dalam berbagai hidangan masakan.

Kehadirannya yang serbaguna menjadikan tomat sebagai salah satu makanan yang sangat berharga. Ahli diet, Lara Whitson, menegaskan bahwa tomat kaya akan antioksidan dan nutrisi.

Oleh karena itu, makanan ini penuh dengan nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi tomat

Satu porsi tomat ukuran sedang mengandung beragam nutrisi, di antaranya:

  • 23 kalori
  • 5 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 1,5 gram serat
  • 17 gram vitamin C
  • 10 mikrogram vitamin K
  • 296 miligram potasium
  • 19 mikrogram folat.

Namun, penting untuk diingat bahwa nilai nutrisi tersebut dapat berubah tergantung dari cara kita mengolah dan mengonsumsinya.

Jika diolah menjadi saus atau jus, beberapa nutrisi mungkin akan berkurang sedikit dibandingkan dengan mengonsumsinya secara mentah.

Meskipun demikian, tomat tetap merupakan sumber makanan yang kaya akan manfaat kesehatan, terutama karena kandungan vitamin C, vitamin K, potasium, dan folat yang berguna untuk tubuh kita.

Manfaat Tomat

Berbagai manfaat kesehatan dari tomat disebabkan oleh kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

  1. Perlindungan Kulit dari Matahari: Tomat mengandung lycopene karotenoid, sebuah pigmen larut dalam lemak yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Lycopene telah terbukti melindungi kulit dari stres oksidatif, termasuk kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Dengan mengonsumsi tomat, Anda dapat memperoleh perlindungan internal yang setara dengan tabir surya dan berpotensi mengurangi risiko kanker kulit.
  2. Menjaga Kesehatan Mata: Selain lycopene, tomat juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak. Kandungan vitamin A dalam tomat juga penting untuk kesehatan mata, mengurangi risiko degenerasi makula, dan membantu mencegah rabun senja.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung: Antioksidan dalam tomat bermanfaat bagi jantung. Penelitian pada Maret 2022 menunjukkan bahwa konsumsi tomat yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit jantung koroner. Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, terutama lycopene, telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung.
  4. Meningkatkan Imunitas: Satu cangkir tomat mengandung sekitar 27 persen dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan sel kekebalan tubuh yang melawan infeksi dan mencegah kerusakan radikal bebas pada sel sehat.

Dengan banyaknya manfaat kesehatan ini, tomat merupakan makanan yang sangat bernilai bagi kesehatan tubuh dan sebaiknya dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles