MERDUNYA SUARA NABI DAUD AS HINGGA BURUNG DAN GUNUNG IKUT BERTASBIH

Nabi Daud AS memiliki garis keturunan dengan nabi Ibrahim AS, dia lahir dari kalangan bani israil tepat setelah masa kenabian Musa AS. Kisah nabi Daud AS diceritakan dalam surah Al-baqarah, surah Al-baniyyah, Surah An-naml, Surah As-shaba, dan surah shad.

Pada saat itu mereka dipimpin oleh raja talut, sejak kecil nabi Daud AS terkenal keberaniannya. Hal ini dibuktikan saat ia mengusir hewan buas yang mengganggu ternaknya. Atas keberanian yang ia miliki, raja talut mengajaknya untuk ikut berperang melawan jalut, atas izin Allah swt. Nabi Daud AS berhasil mengalahkan bala tentara jalut hingga ia diangkat sebagai panglima perang. Allah swt dalam Al-quran surah Al-baqarah ayat 251.

MENGALAHKAN TENTARA JALUT

Mereka atau tentara talut mengalahkan tentara jalut atas izin allah dan dalam peperangan itu Nabi daud membunuh jalut. Kemudian Allah Swt memberikan kepadanya pemerintahan dan hikmah sesudah meninggalnya talut, dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendakinya. Seandainya Allah tidak menolak keganasan sebagian umat dengan sebagian lainnya pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia yang di curahkan atas semesta alam.

Sepeninggalan raja talut kekuasaan diberikan kepada nabi Daud AS. Selama menjadi raja ia dikenal dengan sosok bijaksana dan penyayang, kekuasaan yang dikaruniakan kepadanya tidak menggoyahkan keimanan kepada Allah Swt. Hal itu menjadikan nabi Daud AS sebagai raja yang taat dan rajin ibadah, ketaatan nabi Daud AS merupakan tauladan bai para pemimpin di bumi.

Allah Swt berfirman dalam quran surah shaad ayat 17 :

“Bersabarlah atas apa yang mereka katakan, dan ingatlah akan hamba kami Daud yang mempunyai kekuatan; sungguh dia sangat taat kepada allah”.

Dalam beberapa riwayat menjelaskan nabi Daud AS memiliki suara yang merdu dan pada saat melantunkan kitab zabur sangat merdunya hingga gunung dan burung-burung berkumpul dan ikut bertasbih bersamanya. Allah Swt berfirman dalam quran surah shad ayat 18-19 :

“Sesungguhnya, kami yang menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama Daud pada waktu petang dan pagi dan kami tundukkan pula burung-burung dalam keadaan berkumpul”. Masing-masingnya sangat taat kepada Allah Swt.

Kisah bertasbihnya gunung dan burung juga diceritakan dalam quran surah Shaba ayat 10 :

Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud,” dan Kami telah melunakkan besi untuknya”.

Seperti diketahui Allah Swt memberi wahyu kitab zabur kepada nabi Daud AS, itulah yang digunakan untuk mengajak kaumnya berbuat kebaikan. Dalam quran surah Anbiya ayat 105 Allah Swt berfirman :

“Dan sungguh telah kami tulis didalam zabur sesudah kami tulis dalam lauful manfudz”. Allah Swt telah berfirman untuk berlaku adil diantara manusia, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba ku yang sholeh. Kecerdasan dan kebijaksanaan Daud AS dalam memutuskan perkara

“Hai, Daud sesungguhnya kami menjadikan kamu khalifah atau penguasa dimuka bumi, maka berilah keputusan perkara di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ia akan menyesatkan kamu di jalan Allah, sesungguhnya orang-orang yang sesat di jalan Allah akan mendapatkan azab yang berat karena mereka melupakan hari perhitungan” (Q.S Shaad : 26)

Selain merdunya suara beberapa riwayat mengatakan Nabi Daud AS juga bisa berbicara dengan mereka burung-burung.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai kisah Nabi Daud AS gunung dan burung ikut bertasbih saat mendengar suaranya.

Nah untuk info lebih lengkapnya, langsung ajah mampir ke channel youtube kami KanalPedia Islam

Baca juga: Kisah Abdullah Bin abbas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!