Channel E – Kosmetik dan perempuan adalah hal yang seringkali tidak dapat terpisahkan. Untuk menunjang kecantikan, ada banyak perempuan yang rela merogoh kocek yang dalam untuk membeli produk kosmetik yang diinginkan, dan seringkali tanpa mencari tahu terlebih dahulu tentang isi kandungannya.

Padahal, tak semua produk kosmetik cocok dan aman untuk kulit seseorang. Ketika kandungan suatu kosmetik tidak cocok dengan kulit seseorang, tentu hal ini bisa mengakibatkan alergi. Nah, apa saja tanda-tanda alergi kosmetik? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

1Muncul Ruam

kosmetik
gambar istimewa

Munculnya ruam atau kemerahan yang tidak biasa dan berlebihan pada kulit setelah memakai suatu kosmetik, bisa jadi itu adalah gejala alergi kosmetik. Selain ruam merah, biasanya juga disertai dengan rasa gatal, kering, bersisik, dan mudah mengelupas.

Kondisi semacam ini juga sering disebut dengan istilah medisnya yaitu dermatitis kontak alergi. Sementara itu, reaksi dari gejala ini akan muncul 12-48 jam setelah pemakaian kosmetik tersebut.

 

2Terasa Gatal

kosmetik
gambar istimewa

Selain muncul kemerahan pada kulit, gejala berupa rasa gatal juga akan muncul pada kulit yang terkena produk kosmetik tersebut. Hal ini dikarenakan tubuh akan melepaskan histamin ketika terjadi reaksi alergi, sehingga menimbulkan gejala rasa gatal, bengkak, dan kemerahan.

 

3Bengkak

kosmetik
gambar istimewa

Alergi kosmetik juga bisa menyebabkan bengkak pada mata dan bibir. Pada area sekitar mata hal ini bisa disebabkan karena penggunaan kosmetik seperti alas bedak, maskara, eyeshadow atau eyeliner.

Ketika kandungan kosmetik tersebut tidak dapat diterima oleh kulit di area mata, maka hal ini bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dan bengkak. Sementara itu, alergi yang terjadi pada bibir dapat ditimbulkan dari produk kosmetik berupa lipstik atau lip balm. Hal inilah yang membuat bibir menjadi bengkak, kering, dan gatal.

Baca Juga :  5 Kesalahan Memakai Lipstik yang Perlu Kamu Hindari

 

4Biduran

kosmetik
gambar istimewa

Selanjutnya, tanda alergi kosmetik juga dapat berupa munculnya biduran atau bentol kecil kemerahan yang disertai rasa gatal. Selain itu, juga ditandai dengan rasa perih di kulit wajah, sensasi kesemutan hingga bengkak. Gejala alergi ini biasanya bisa muncul beberapa menit setelah menggunakan kosmetik.

 

5Jerawat dan Komedo

kosmetik
gambar istimewa

Selain beberapa gejala alergi kosmetik seperti yang disebutkan di atas, munculnya jerawat dan komedo pada wajah juga bisa disebabkan oleh alergi kosmetik. Biasanya jerawat karena alergi ini disebut dengan breakout. Selain itu, wajah yang breakout juga ditandai dengan munculnya jerawat secara berlebihan juga kulit yang memerah karena peradangan.

Itulah beberapa tanda gejala kalau kamu tidak cocok dengan kosmetik. Ketika kamu mulai merasakan gejala seperti ciri-ciri di atas setelah pemakaian kosmetik, maka segera hentikan pemakaian kosmetik tersebut.

Jika gejala ini sudah kamu rasakan dan tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter kulit. Sementara itu, penting bagimu sebelum membeli produk kosmetik untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang kandungannya dan juga melakukan uji sensitivitas produk pada kulit.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here