Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh
Foto Istimewa

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi bayi yang sedang belajar makan. Ditambah lagi, zat gizi yang terkandung pada pisang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan hanya pencernaan.

  • Zat besi
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6
  • Kolin
  • Omega 3 dan 6

Sementara itu, dua antioksidan utama yang terdapat dalam pisang adalah:

  • Dopamin. Meskipun ia adalah senyawa kimia penghantar sinyal saraf di otak (neurotransmitter), dopamin pada pisang bertindak sebagai antioksidan.
  • Catechin, yang merupakan antioksidan kelompok flavonoid. Jenis antioksidan ini dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk memastikan kebutuhan vitamin C dan antioksidan dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi Blackmores Bio C Vitamin C 1000MG 90 Tabs- Vitamin Daya Tahan Tubuh (Rp 299.935). Selain dilapisi mineral askorbat yang aman unalami utuk lambung, Blackmores Bio Vitamin C mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Blackmores Bio C juga dilengkapi herbal dan bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C dan menjaga daya tahan tubuh. Pisang ini mungkin dapat membantu mengatasi sejumlah masalah pencernaan seperti diare dan maag, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Tetapi, sumber lain mengatakan bila Anda memakan buah pisang mentah, Anda berisiko mengalami sembelit. Penelitian berbeda bahkan menunjukkan kandungan lektin pada pisang yang masih hijau bisa berdampak positif bagi penderita HIV. Namun, mengutip dari laman Harvard School of Public Health, protein lektin yang merupakan antinutrien malah bisa menyebabkan sembelit dan dapat menghambat penyerapan sejumlah mineral.

Baca Juga :  Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

10. Membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, mengonsumsi pisang bisa membantu Anda terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

9. Sumber energi dan mampu meningkatkan stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum Anda berolahraga. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar ketika beraktivitas dan berolahraga. Plus, makan pisang juga dapat membantu otot-otot Anda bergerak dengan baik.

8. Melancarkan pencernaan dan metabolisme

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah. Sementara pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang ada di usus besar. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

7. Mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba. Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan makan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan Anda pun bisa berangsur-angsur turun.

Baca Juga :  7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Kulit Wajah

6. Menurunkan risiko kanker usus besar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh Anda pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

4. Memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak

Pisang kaya akan kalium, mineral yang penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak bisa lebih lancar dengan mengonsumsi pisang. Belum lagi, kalium pada pisang yang turut mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

3. Memenuhi kebutuhan zat besi dan mengatasi anemia

Buah satu ini adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Mineral tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehat. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan kondisi kurang darah alias anemia. Bila Anda memiliki kondisi tersebut, cobalah konsumsi pisang secara rutin guna mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

2. Melengkapi asupan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Mineral tersebut diperlukan untuk membentuk protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, memproduksi energi, serta mengendalikan kadar gula dan tekanan darah. Kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual dan muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung. Nah, mengonsumsi pisang dapat membantu mencegah risiko masalah-masalah tersebut.

1. Membantu mencukupi kebutuhan mangan

Mangan ialah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino. Selain itu, mangan juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang kuat dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang rendah dalam tubuh. Ditambah lagi, mangan diyakini dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung. Manfaat buah pisang ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi jus.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  RESEP CHOCOLATE GINGER LOVES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here