Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini
Foto Istimewa

Buah kedondong berwarna hijau dan keras ketika muda berubah kehijauan-kuning, kuning atau kuning keemasan ketika matang. Buah ini kaya serat dan air yang sangat menguntungkan untuk tubuh. Di balik kesegarannya, buah kedondong memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin C, B, dan A yang menguntungkan bagi tubuh. Kedondong juga mengandung mineral penting seperti zat besi dan fosfor. Konsumsi buah kedondong mampu meningkatkan kekebalan, mencegah penyakit, dan mengatasi masalah kesehatan tertentu. Kedondong tak hanya nikmat disantap namun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sehatkan Pengelihatan

Kedondong merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dikenal perannya untuk kesehatan mata. Senyawa retinol dalam vitamin A bertanggung jawab untuk fungsi ini karena meningkatkan persepsi visual mata. Vitamin A dalam kedondong mampu menyehatkan mata dan mengatasi masalah mata.

Kontrol kolesterol

Kedondong sangat kaya vitamin C yang bisa dirasakan dari rasa masamnya. Buah ini mengandung jumlah vitamin C yang baik yang membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Efek ini akan menyeimbangkan kadar kolesterol darah.

Lancarkan Pencernaan

Kedondong kaya akan serat makanan yang membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus. Buah ini mampu mengatasi sembelit. Kandungan air yang tinggi dari buah juga mencegah dehidrasi.

Bantu Turunkan Berat Badan

Kedondong juga rendah lemak dan kalori. Serat makanan ekstra membantu menurunkan berat badan. Serat makanan dan air dalam kedondong juga membantu memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya, buah kedondong sangat penting untuk vitalitas dan daya tahan tubuh.

5. Cegah Penuaan Dini

VItamin C pada kedondong juga memberi manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu penyebab penuaan dini adalah radikal bebas. Vitamin C ini mampu melindungi molekul-molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun, atau polutan. Vitamin C juga mampu membuat kulit lebih elastis, mencegah penuaan dini karena membantu proses pembentukan kolagen.

4. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C juga dikenal perannya sebagai pembangun sistem imun. Vvitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Nutrisi ini juga meningkatkan pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Atasi Anemia

Kedondong juga merupakan sumber zat besi. mineral ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia. Vitamin C pada kedondong juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang diserap dengan buruk, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

2. Bantu Sembuhkan Batuk

Kedondong bisa jadi alternatif efektif untuk menyembuhkan batuk. Ada banyak kemungkinan penyebab batuk, yang meliputi alergi, sinusitis atau asma, serta pilek atau flu. Vitamin C pada kedondong mampu membantu menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh flu, alergi, atau merokok. Cara menggunakan kedondong sebagai obat batuk adalah dengan memarut buah kedondong dan menyisihkan airnya. Tambahkan sedikit garam dan konsumsi tiga kali sehari untuk meredakan batuk. 6 dari 6 halaman Manfaat kedondong untuk kesehatan  Ilustrasi jantung (iStock)Sehatkan jantung Vitamin C dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung. Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan kadar trigliserida. Vitamin C terbukti mampu mengontrol faktor-faktor ini dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

1. Kuatkan Tulang

Kedondong juga mengandung fosfor yang penting untuk kekuatan tulang. Tubuh membutuhkan fosfor untuk banyak fungsi, seperti menyaring limbah dan memperbaiki jaringan dan sel. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Tubuh menggunakan fosfor untuk menjaga tulang dan gigi kuat dan sehat. Vitamin C pada kedondong penting untuk pembentukan kolagen, fondasi yang menjadi dasar mineralisasi tulang. Vitamin C tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, tetapi juga membuat protein yang penting untuk ligamen, tendon, dan kulit. Selain itu, vitamin ini membantu menjaga tulang rawan di tulang dan gigi dua area yang membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!